Pada hari minggu tanggal 25 Agustus 2019 Himpunan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan telah melaksanakan kegiatan Debat Mahasiswa dengan Tema “Pendidikan Murah Tidak Menjamin Rakyat Sekolah”. Kegiatan ini berlangsung di Gedung D (H.Mansyur) Lt.1 ruang D107 Universitas Buana Perjuangan Karawang dari angkatan 2016 s/d 2019 dengan jumlah peserta 12 peserta dibagi menjadi 4 kelompok perangkatan dan menghadirkan 2 dewan juri, juri yang pertama adalah Dosen Lintas Prodi yaitu Bapak Zarisnov Arafat., SH.,MH beliau dari Program Studi Hukum Universitas Buana Perjuangan dan juri kedua dari Program Studi PGSD yaitu Ibu Ayu Fitri., S.Pd., M.Pd beliau selaku Kaprodi PGSD.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan solidaritas dan kekompakan antara mahasiswa PGSD, menggali dan mengembangkan bakat mahasiswa Universitas Buana Perjuangan Karawang khususnya mahasiswa PGSD. Dengan diadakanya kegiatan debat mahasiswa ini, mahasiswa dapat untuk berpikir dengan cepat dan tepat sasaran dengan terus menerus berdebat, mahasiswa tersebut akan menjadi perhatian, dan dipaksa untuk berpikir cepat.

Menurut Bapak H. Tarpan Suparman., S.Pd., M.Pd selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan “Kemampuan debat sangat penting dimiliki oleh mahasiswa karena dapat memberikan pengalaman yang kondusif. Dengan mengikuti debat ilmiah, dapat meningkatkan kognitif, dan skill melakukan presentasi. Selain itu, melalui debat juga melatih kemampuan untuk mengenali dan mendalami suatu keadaan, situasi atau lingkungan dengan cara yang unik dan lebih terukur”.

400

Selanjutnya Dian Retno Putriansyah selaku Ketua Pelaksana menambahkan kesan dan pesan dalam kegiatan debat ini “Bukan hanya peserta saja yang mendapat manfaat dari kegiatan ini, panitia pun banyak belajar dalam kegiatan ini, kami berharap acara ini dapat di lebih banyak melibatkan mahasiswa bukan hanya dari Universitas Buana Perjuangan saja melainkan mengundan Universitas lainnya”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *